OPINI : Tantangan Social Distancing, Memasuki Musim Panen di OKU Timur

Hendri Ketua DPD PGK OKU Timur

Opini oleh Hendri, Ketua DPD PGK OKU TIMUR

BERSATU melawan covid-19 (Corona Virus Disease 2019) sebagaimana pemerintah pusat dan daerah berupaya saling bersinergi, hingga pilihan strateginya adalah pembatasan sosial atau social distancing.

Meningkatnya jumlah warga negara Indonesia yang terinfeksi virus Corona atau Covid-19 menimbulkan kekhawatiran banyak pihak. Pemerintah Indonesia memberlakukan Lockdown, seperti yang diberlakukan di negara-negara yang telah pandemi Corona. Hal itu dilakukan guna mengurangi penyebaran kasus Covid-19.

Namun aturan ini hadapi dilema di kawasan pertanian. Misalnya di daerah seperti di Kabupaten OKU Timur diberlakukan lockdown, bagaimana dengan nasib petani yang saat ini baru memasuki musim panen padi, Karena umumnya masyarakat OKU Timur adalah petani, mayoritas mereka tidak memiliki stok pangan yang cukup sehingga, mereka harus tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan pokoknya sehari-hari.

“Bagaimana jadinya kalau aktivitas sosial-ekonomi dibatasi, pasti sangat berpengaruh kepada produksi dan tata niaga pertanian, ( bisa-bisa mereka tidak makan ) “

Terkait kebijakan Pemerintah Kabupaten OKU Timur yang memindahkan proses belajar anak-anak sekolah ke rumah, kebijakan ini sangat baik sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dikalangan anak-anak dan pelajar. Namun sebaiknya menurut saya diikuti oleh beberapa kebijakan lainnya. Diantaranya memberlakukan cek kesehatan dan penerapan PHBS ( Prilaku Hidup Beesih dan Sehat ) di sektor-sektor padat karya.

“Ini pilihan tindakan yang bisa dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten OKU Timur. Karena menurut saya waspada dan berupaya sekuat tenaga melawan Corona wajib kita lakukan bersama. Dan setelah kita maksimal berusaha, mari kita berserah diri dan kembalikan segalanya ke sang pencipta Allah SWT,”

Virus corona dapat di cegah dengan beberapa cara dengan pola hidup sehat, mencuci tangan dengan air yang mengalir dengan menggunakan sabun, mengurangi bersentuhan dengan kontaks fisik dengan pihak-pihak yang berpotensi saat berintraksi di tempat umum.

Terakhir saya menghimbau serta mengajak seluruh masyarakat OKU Timur untuk tidak panik berlebihan, Mari bersama mencegah virus corona dengan tetap menjaga kesehatan dan mengkonsumsi asupan makanan bergizi yang berguna untuk menambah imunitas tubuh yang kuat.

*Dari Redaksi : Tulisan ini adalah sepenuhnya opini dari penulis