Panen Perdana Bawang Merah di OKU Timur

Tidak ada komentar 155 views

Percobaan tanam bawang merah Kelompok Tani Desa Sidomulyo dinyatakan berhasil. Perlu percobaan lebih lanjut namun OKU Timur berpotensi untuk tanam bawang merah

 

OKU TIMUR – Percobaan pertama budidaya bawang merah oleh warga Desa Sidomulyo, Belitang, dinyatakan berhasil. Dari total lahan seluas 1,25 hektar itu, diperkirakan mencapai hasil panen 8 hingga 10 ton. Keberhasilan ini lantas mengundang perhatian Bupati OKU Timur untuk meninjau langsung lokasi.

Tepatnya di Dusun Banyumas, Desa Sidomulyo, Kecamatan Belitang, satu kelompok tani di sana mencapai keberhasilan memanen bawang hingga mencapai 65 persen. Varietas yang ditanam adalah bawang Bima Brebes, Biru Lancur dan bawang merah Thailand.

“Kalau berhasil seperti ini sangat bagus, artinya pelan-pelan hasil pertanian OKU Timur bisa menjadi tambah beragam. Pemerintah nanti tinggal bantu dorong sesuai kebutuhan.” Kata Bupati Lanosin Hamzah di hadapan warga, Kamis 4 Juni 2021.

Meski begitu, kata Lanosin, tanam bawang masih harus mengalami ujicoba di lahan lain. Karena, kata dia yang didampingi juga oleh Kepala Dinas Pertanian OKU Timur, menanam bawang merah lebih banyak tantangannya dibanding persawahan.

“Menurut Kepala Dinas Pertanian, bawang merah itu lebih banyak resikonya. Tapi setelah melihat ini, dalam satu hektar diperkirakan bisa mencapai 8-10 ton bisa dikatakan berhasil, maka lahan di sekitar sini cocok untuk budidaya bawang merah.” Kata Lanosin ketika dibincangi warga.

Makanya, lanjut Enos, agar percobaan ini perlu terus dilakukan pelan-pelan dan jangan terbawa nafsu karena harga jual bawang merah yang sedang tinggi. “Agar dapat meminimalisir resiko, sebaiknya dilakukan pelan-pelan sambil belajar, jangan langsung mengalihkan lahan pertanian dari sawah ke tanaman bawang merah.”

Terpisah Kepala Dinas Pertanian, Tubagus Sunarseno mengatakan pemerintah mendukung upaya petani untuk melakukan budidaya tanaman secara beragam. Saat kunjungan menteri pertanian Bupati sudah meminta kepada menteri untuk bantuan bibit bawang dan bibit tanaman lainnya.

“Bupati dan Dinas Pertanian mendukung apa yang dilakukan oleh warga seperti yang dilakukan oleh Kelompok Tani Karya Tani ini. Makanya Bupati dan Dinas Pertanian turun hari ini untuk melihat keseriusan di tingkat petani. Sebab tidak ada yang tidak mungkin.” Kata Tubagus lagi.

Petugas Penyuluh Lapangan, Zaenuri yang mendampingi Kelompok Tani Karya Tani mengatakan jika dalam ujicoba tanam bawang merah ini akan diperluas mencapai 5 hektar ke lahan warga.

“Evaluasi yang kami dapatkan percobaan ini. Tantangannya adalah cuaca, sebab bawang merah tidak bisa terlalu basah dan juga tidak bisa terlalu kering. Juga serangan hama Moler juga perlu diwaspadai. Hal lain mengenai ketersediaan sarana seperti cultivator juga penting. Kemarin kita tanam bibit bawangnya masi agak muda, ke depan akan diperbaiki lagi mutunya” kata dia.(Triangga)