Pasal Hutang, Nyawa Melayang

Tidak ada komentar 293 views
Pelaku Hartoyo (43)


OKU TIMUR – Percekcokan mulut dua tetangga di Desa Tanjung Sari, Buay Madang Timur, OKU Timur berujung pada pembunuhan. Pasal hutang-piutang ternyata yang jadi pemicunya.

Kronologi yang didapat dari Polsek Buay Madang Timur menyebutkan jika peristiwa itu terjadi pada kunjungan korban mendiang Hadi (50) ke rumah pelaku Hartoyo (43) pada Minggu 12 April 2020 pagi. Karena di saat yang sama pelaku tengah kedatangan tamu, korban sempat berbicara dengan istri pelaku bernama Sulis di dapur rumah dan menanyakan perkara uang Rp 13 juta yang pernah dipinjam oleh pelaku pada 2019 silam.

Karena tak ditanggapi istri pelaku, bertepatan tamu pelaku juga pulang, korban lantas menghampiri pelaku di ruang tamu dan marah-marah. Di sana pelaku jelaskan bahwa uang itu tersisa Rp 1,8 juta karena sudah beberapa kali dicicil. Namun korban ternyata tidak terima jika dibayar hanya Rp 1,8 juta. Pelaku ingin uangnya yang Rp 13 juta tetap utuh, demikian keterangan yang dihimpun Polisi dari istri pelaku.

“Sudah saya kasih Rp 1,8 juta minggu kemaren, tapi kenapa malah kamu buang. Semua ada catatannya dicatat.” Ujar istri pelaku menirukan perkataan suaminya kepada korban.

Suasana memanas, korban ternyata tidak terima dan terus marah-marah. Gerak-gerik pelaku di dalam rumah diikuti, dari dapur hingga ke halaman rumah saat pelaku hendak menyapu halaman, korban masih marah-marah.

“Uang saya tetap utuh, karena saya tidak merasa mengambilnya.” Kata korban berkali-kali pada pelaku, demikian dikutip dari laporan Polisi.

Saat pelaku usai menyapu halaman dan menuju dapur, korban masih mengikuti. Tiba di dapur, sebilah dodos (pisau panen sawit) yang menempel di dinding dapur diambil korban dan mengancam kepada pelaku.

Dalam situasi memanas itu, korban memukul pelaku dengan dodos tersebut, namun pelaku menghindar. Dan pelaku membalas meninju wajah korban hingga tumbang ke lantai. Saat itu pelaku akhirnya memukul korban berkali-kali.

Peristiwa itu lantas disaksikan oleh anak pelaku yang lantas berteriak minta tolong. Tak lama tetangga mendekat dan melerai perkelahian itu. Korban lalu dilarikan ke klinik kesehatan Muhammadiyah di Desa Srikaton untuk mendapat perawatan. Di klinik nyawa korban tidak dapat diselamatkan.

Selang sejam dari kejadian perkelahian itu, pelaku ditangkap Polisi Sektor Buay Madang Timur pimpinan Iptu Erwansyah di kediaman mertuanya di Dusun Iling-iling, Desa Tanjung Sari, Buay Madang Timur. “Pelaku sudah ditangkap, dan sebilah barang bukti berupa dodos sawit sepanjang 30 cm juga sudah kami amankan. Sekarang sedang berkoordinasi dengan Polres OKU Timur dan melengkapi berkas.” Kata Kapolsek Iptu Erwansyah.(Triangga)