Pelatihan Pengawas TPS oleh Bawaslu OKU TIMUR

354 views

OKU TIMUR – Pengawasan dalam proses pemungutan dan perhitungan suara merupakan salah satu bagian penting dalam penyelenggaran Pemilihan Umum (Pemilu). Karena itu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten OKU TIMUR tak mau lengah berkaitan pengawasan pemungutan dan perhitungan suara.

Berbagai kesiapan dimatangkan. Termasuk menyiapkan mentor untuk pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) serta saksi peserta pemilu dan untuk Penyiapan mentor itu dilakukan melalui Traning of Trainer (TOT) Pegawas TPS dan Saksi Pemilu di setiap kecamatan.

Ketua Bawaslu Kabupaten OKU TIMUR Ahmad Ghufron menjelaskan, TOT bermaksud untuk mempersiapkan peserta kegiatan agar bisa melatih jajaran Baswalu di tingkat bawah.

“Ini pelatihan untuk pelatih. Jadi nanti kita persiapkan mereka untuk melakukan atau melatih jajaran pengawas di tingkat kecamatan, tingkat desa kelurahan hingga di tingkat TPS,” ujar nya

Ghufron menegaskan, pemahaman mengenai pengawasan, pemungutan dan perhitungan suara akan sangat menentukan suksesnya penyelenggaraan pemilu.

Terpisah Beni Tenagus menegaskan untuk pemahaman pengawas TPS bertugas mengawasi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, pergerakan hasil perhitungan suara dari TPS ke PPS ujarnya.

Training of Trainer (TOT) dalam pemilihan umum yang diikuti oleh pengawas TPS dan saksi peserta pemilu Panwaslu Kecamatan se-kabupaten OKU TIMUR. Dan mengambil tema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu Bersama Panwaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”.(Rizal Arisandi)