Pembina Pramuka Ikuti Perkemahan di Hutan Kota Martapura

739 views

swarasumsel OKUT – Dimulai sejak Minggu, sebanyak 181 orang pembina Pramuka di empat kecamatan ikuti perkemahan di Hutan Kota Martapura. Kegiatan yang bertajuk Perkemahan Latihan Kepramukaan berlangsung hingga Selasa besok.

 

Dibincangi di sela kesibukan, Sekretaris Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT), Drs, Sri Margono MM mengatakan kegiatan ini memantapkan para pembina Pramuka di 90 Gugus Depan (Gudep) di empat kecamatan yakni Kwaran Martapura, Buay Pemuka Peliung, Bunga Mayang dan Kwaran Jayapura.

 

“Memberikan bekal kepada pembina tentang tehnik kepramukaan. Seperti Semapur, Morse, tali-temali, P3K, Survival, Navigasi, Menafsir lebar tinggi deras arus sungai,” urainya menyebut rangkaian agenda kegiatan yang dibuka oleh Kepala Kwarcab OKUT Wakimin SPd MM.
Ia menyebut jika pembina Pramuka di OKUT masih membutuhkan bekal keterampilan, dengan harapan, setelah pelatihan, ilmu yang didapat akan diteruskan kepada anggota di Gudep masing-masing.

 

“Di dalam gerakan Pramuka ada kurikulum untuk pembina ada Kursus Mahir Dasar (KMD), Kursus Mahir Lanjutan (KML), Kursus Pelatih Dasar (KPD) dan Kursus Pelatihan Lanjutan (KPL). Ini merupakan bagiannya,”

 

Terkait kegiatan ini, Sri Margono mengungkapkan bahwa dukungan pemerintah sudah baik. Bupati OKUT Senin pagi ini menyempatkan meninjau lokasi yang diisi oleh sebanyak 33 unit tenda tempat para kakak pembina menginap.

 

“Kami berterimakasih atas kunjungan bapak bupati hari ini. Pramuka OKUT ke depan akan diusahakan untuk mengalami kemajuan sesuai petunjuk Bupati,” sambungnya seraya mengatakan jika keberadaan Pramuka adalah untuk perubahan : Kemampuan, Karakter dan Sikap anggotanya yang tentu saja bermanfaat bagi pribadi dan lingkungan.(triangga)