Pemerintah Targetkan PAD dari  BPHTB

191 views

OKU TIMUR – Kegiatan dalam rangka koordinasi dalam upaya optimalisasi penerimaan pajak dan retribusi dilakukan oleh Pemkab OKU TIMUR. Dalam kegiatan yang digelar di Aula Bina Praja 1, 15 Agustus 2019, pemerintah menargetkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari harga jual tanah.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah, Suyanto SE, menjelaskan kegiatan ini merupakan rangkaian program yang berujung pada penentuan Zona Nilai Tanah (ZNT) di OKU TIMUR.

“Selama ini harga tanah sering kali tidak sesuai atau dimurahkan agar tidak terkena pajak yang besar, ini merupakan bentuk Kordinasi dalam optimalisasi penerimaan pajak dan retribusi untuk meningkatkan PAD dari PBB dan BPHTB,” ujarnya saat dibincangi usai kegiatan.

Namun, kata dia, sebelum menetapkan besaran BPHTB atas tanah dan bangunan, perlu ada data mutakhir yang khas berasal dari OKU TIMUR. Tidak seperti selama ini yang masih menggunakan data dari pusat.

“Kita butuh akurasi data untuk menentukan BPHTB-nya. Itu nanti berujung pada penentuan ZNT-nya (Zona Nilai Tanah). Misalkan harga tanah di Semendawai Timur berbeda dengan di Martapura. Nah itu nanti ada tim yang bertugas untuk melakukan pemutakhiran data maupun penghitungan.

Kemudian lanjut dia, belum bisa ditentukan berapa target PAD OKU TIMUR yang akan didapat dari PHTB, “Karena itu tadi, kita belum memiliki validasi Zona Nilai Tanah (ZNT), kalau ini sudah selesai baru bisa,” kata dia.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati OKU Timur, Kepala BPN OKU Timur, dan Kepala Dirjen Pajak Baturaja.(Triangga)