Pemkab OKU TIMUR Beri Penghargaan Pada Tenaga Pendidik

Tidak ada komentar 235 views

OKU TIMUR – 2 Mei merupakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan merupakan hari kelahiran Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau dikenal dengan nama Ki Hadjar Dewantara yang merupakan Tokoh Pendidikan Nasional.

Tahun ini peringatan Hardiknas mengangkat tema ‘Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan’ yang bermaksud dapat mempererat hubungan antara pendidikan dan kebudayaan.


Sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran dan praktik pendidikan yang telah diajarkan Ki Hadjar Dewantara terdahulu. Hal itu disampaikan Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional yang di gelar di halaman Pemkab OKU Timur, Kamis (2/5/2019).

Kholid menambahkan, peradaban dunia saat ini berkembang secepat deret ukur, sementara dunia pendidikan berkembang layaknya deret hitung. Hadirnya revolusi industri 4.0 telah mempengaruhi cara kita hidup, bekerja dan belajar, saat ini perkembangan dunia diiringi juga pesatnya teknologi yang semakin canggih, hal tersebut dapat mempengaruhi pola pikir, berperilaku dan karakter peserta didik.

“Saat ini anak didik kita didominasi generasi Z yang lahir di era digital dan pesatnya teknologi, tentunya mereka lebih mudah menyerap serta mempelajari teknologi dengan cepat, hal itu bisa dimanfaatkan sekolah untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital yang tentunya dengan sentuhan budaya Indonesia,” ungkap Kholid saat berpidato.

Di akhir pidatonya, Kholid juga mengajak, momentum Hardiknas ini mari berkonsentrasi dengan segenap potensi pendidikan nasional yang menitik beratkan sumber daya manusia dan tentunya dilandasi karakter yang kuat, terampil serta kecakapan yang tinggi sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

Usai melakukan upacara, Bupati OKU Timur bersama Wakil Bupati, Kadisdikbud dan Forkompinda menyerahkan tropy dan piagam penghargaan kepada pemenanag lomba guru, kepala sekolah dan pengawas berprestasi jenjang SD dan SMP. Selain itu Bupati juga menyerahkan penghargaan kepada beberapa guru yang telah purnabhakti.(Triangga)