Pemuda Ini Membiayai Kuliah Dari Jualan Bakso Bakar

1208 views

Abdul Rohman Dengan Jajanan Bakar Bisa Ditemui di Depan Indomaret Kotabaru Martapura

OKU TIMUR – Menjadi pelaku wirausaha kini menjadi tren di kalangan muda kota Martapura, Kabupaten OKU Timur. Kepandaian membaca peluang membuat pemuda 25 tahun ini mandiri membiayai kuliah dan menopang ekonomi orangtua.

 

“Karena kelihatannya sedang tren, makanya jualan ini. Sekitar setahun lalu. Lumayan sudah bisa tutup uang kuliah dan kebutuhan sehari-hari,” ungkap Budi Arrohman (25) saat dibincangi Rizal Arisandi dari swarasumsel.com di sela kesibukan lapaknya berjualan di teras indomaret Desa Kotabaru, Jalan Lintas Tengah Sumatera, Selasa malam 27 Maret.

 

Ia mengenang awal berjualan setahun setengah silam. Berawal dari tren jajanan bakar di Kota Martapura dan sekitarnya membuat ia memutuskan untuk membuka usaha. Sebelum menyewa lapak di depan waralaba minimarket di jalan Lintas Tengah Sumatera Desa Kotabaru, pemuda ini menjajakan dagangannya dengan cara keliling naik motor.

 

“Awalnya liat teman-teman yang suka jajan itu, saya perhatikan nampaknya cocok untuk dijadikan usaha. Apalagi jajanan ini tidak kenal waktu, mau siang atau malam masih ada yang beli. Apalagi musim hujan seperti sekarang, apalagi tidak membutuhkan modal yang besar,” tambahnya.

 

Makin pesat usahanya, kini ia memutuskan untuk dagang menetap. Dengan andalan jajanan bakar seperti Pempek, Bakso dan Siomay, dari pukul 15.00 hingga pukul 23.00 ia mengaku meraup sekitar Rp 400 ribu sehari. “Itu belum dipotong modal dari Rp.200 ribu,” jelasnya yang sekarang sedang meneruskan studi di jurusan pendidikan Bahasa Inggris STKIP Nurul Huda.

 

Usahanya yang mulai menampakkan hasil ini diakui Abdul Rohman cukup berarti dalam meringankan beban ekonomi keluarga. Selain itu, ia tak perlu meminta kepada orangtua untuk biaya kuliahnya.(Rizal Arisandi)