Pengantar JCH Kesulitan Akses Toilet

Tidak ada komentar 265 views

OKU TIMUR – Ribuan pengantar Jamaah Calon Haji (JCH) OKU TIMUR yang memadati area Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU TIMUR kesulitan mengakses fasilitas toilet. Antrian panjang mengular di toilet yang berada di Masjid Sabilul Huda, sementara itu toilet yang berada di gedung balai rakyat malah tidak berfungsi dan mengeluarkan bau busuk.

“Repot sekali, mana toiletnya cuma dua untuk laki-laki. Yang satunya air saluran malah mampet. Lantai WC jadi banjir.” Kata salah seorang pengantar asal Kecamatan Belitang 2.

Ribuan orang ini tak sedikit yang datang sejak pukul 4 sore, padahal panitia menjadwalkan keberangkatan JCH pada pukul 9 malam. “Kenapa pukul 9 karena ingin memastikan agar seluruh JCH sudah benar-benar terkumpul dan sesuai dengan manifest di 10 bus yang kita siapkan.” Kata Solehan yang merupakan Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra).

Ia mengatakan ada sekitar 395 JCH yang diberangkatkan dengan 10 bus. Di 2019 ini pemerintah Kabupaten OKU TIMUR menyiapkan 20 bus dengan kapasitas 45 seat tiap bus.

Ditanya mengenai fasilitas toilet, ia mengaku sudah menambah fasilitas sumur bor untuk mengatasi kekurangan air. Bupati OKU TIMUR juga, kata dia, menekankan ketersediaan air di fasilitas wudhu dan toilet di masjid Pemda.

Tapi ia tidak menjawab kenapa fasilitas toilet di Gedung Balai Rakyat tidak mendapatkan perhatian serupa. Ketiadaan air di fasilitas toilet itu menambah antrian panjang di toilet masjid.

“Di sana antri. Di sini malah ga ada airnya.” Kata Indri warga Margomulyo Belitang 2.(Tim)