Perangi Korupsi Melalui Karya Tulis Kades

744 views

[swarasumsel] OKU TIMUR -Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) yang jatuh setiap tanggal 9 Desember, tahun ini mengangkat tema “Bergerak Bersama Memberantas Korupsi Untuk Mewujudkan Masyarakat Yang Sejahtera”. Untuk itu kantor kejaksaan Negeri Martapura menggelar lomba menulis pengelolaan dana desa yang di ikuti kepala desa sebagai pesertanya.

Kegiatan  yang dilaksanakan di halaman  Kejaksaan Negeri Martapura yang dihadiri pula Bupati OKU TIMUR HM Kholid MD, Ketua DPRD, Kajari Ismaya H,SH,Mhum dan dihadiri juga beberapa kepala desa di OKU TIMUR.

 

Adapun tujuan kegiatan yang melibatkan 325 kepala desa di bumi Sebiduk Sehaluan, mengenai pengelolaan dana desa diharapkan meminimalisir korupsi di OKU TIMUR.

 

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) OKU TIMUR, Ismaya H, SH, MHum, dalam sambutannya mengatakan, jika korupsi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia berkembang dan dilakukan secara sistematik, untuk melawan korupsi perlu dilakukan pencegahan yang nyata dan penegakan hukum yang tegas.

 

Salah satunya, terobosan yang dijalani Kejari OKU Timur mengadakan lomba menulis Pengelolaan Dana Desa bagi Kepala Desa (Kades).”Karena itu lah di adakan lomba menulis pengelolaan Dana Desa untuk Kades di OKU Timur,” ujarnya.

 

Penyuluhan yang dilakukan pihaknya mungkin baru sampai tingkat kabupaten. Maka dari itu, perlu kerjasama antara Kejari dan instansi penegak hukum lainnya. Harus bersama-sama komitmen memberantas korupsi. Dan, kita harus menjadi contoh bagi masyarakat, salah satunya dari tingkat bawah (desa) dengan mengerahkan seluruh Kades untuk mengirimkan tulisan, tambahnya.

 

Dalam lomba menulis Pengelolaan Dana Desa yang digelar Kejari OKU Timur, juara pertama  diraih oleh Kades Gumawang. Untuk posisi kedua, diraih Kades Tegal Rejo, dan ketiga disabet Kades Tumijaya.(RIZAL ARISANDI)