Peresmian dan Peninjauan Daerah Latihan Puslatpur KODIKLATAD

OKU TIMUR – Selasa 11 Februari 2020 di wilayah Objek Militer Baturaja (Omiba) Simpang Trans Batumarta telah dilaksanakan kegiatan peresmian Daerah Latihan Puslatpur KODIKLATAD. Peresmian ditandai dengan penekenan prasasti batu yang berada di lokasi baru yang lebih representatif.

Dikutip dari press kit yang dibagikan pada wartawan, Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos mengatakan bahwa ada beberapa keunggulan dengan adanya penataan daerah latihan (rahlat) terkini yang berada di lokasi baru seluas 43 ribu hektar tersebut.

Pertama, rahlat yang ada sekarang dapat mengakomodasi gerakan manuver tingkat Brigade Tim Pertempuran dengan lebih leluasa. Kedua, medan latihan dibuat se-ideal mungkin untuk pergerakan pasukan infanteri dengan satuan mekanisnya, pasukan kavaleri dengan tank, serta Satbanmin untuk membantu pergerakan pasukan depan.

Ketiga, medan latihan yang dipakai tidak lagi mengganggu aktivitas kereta api pengangkut batu bara sehingga dapat menyukseskan Ketahanan Energi Nasional.
Keempat, adanya pembangunan menara tinjau yang lebih tinggi sehingga dapat melihat rangkaian manuver pasukan secara keseluruhan.

Terakhir , pembenahan medan latihan diarahkan untuk mengakomodasi segala doktrin pertempuran modern dari mulai Operasi Konvensional, Operasi Lawan Insurjensi, Operasi Pertempuran Kota, Operasi Perang Hutan dan operasi lainnya, dengan menggunakan peralatan yang modern seperti kendaraan tempur dan alutsista modern sehingga secara insidentil dapat digunakan untuk latihan bersama negara lain, guna mewujudkan mutual trust dan respect yang menuju kepada TNI AD yang berkelas dunia.

Pelaksanaan penandatanganan prasasti batu seberat 500 kilogram dilakukan oleh sejumlah pihak antara lain, Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos, Direktur PT Bukit Asam Tbk dan Direktur PT KAI. Setelah itu dilakukan dengan penanaman pohon di sekitar area pada pukul 12 siang yang dilanjutkan dengan makan bersama.

Turut hadir Pangdam II/SWJ, Mayjen TNI Irwan, S.I.P, M.Hum, Wadan Kodiklatad Mayjen TNI Eka Wiharsa, Para Danpussen, Waasops Kasad, Dirziad, Para Danpusdik Kodiklatad, Danpussimpur Kodiklatad. Danrem 043/Gatam, Danrem 044/Gapo, Dandim 0403/Oku, Dandim 0427/Way Kanan, Wakil Bupati Way Kanan, Sahli Bupati Oku Timur, Asisten 3 Bupati Oku Selatan, Kasatpol PP Oku, Kapolres Oku Timur, dan forkompimda lainnya.(Triangga)