Perusahaan Bantah Jadi Biang Asap

290 views

OKU TIMUR – Kerap dituding sebagai penyumbang asap tiap kejadian bencana kebakaran, salah satu perwakilan PT.Laras Astra Kartika (LARAS) Kecamatan Jayapura meminta agar sosialisasi bencana dapat melibatkan elemen yang lebih luas. Salah satunya keterlibatan para anggota dewan agar dapat memahami situasi secara riil.

“Kami minta agar bisa melibatkan lebih banyak lagi elemen dalam sosialisasi seperti ini. Anggarannya ditambah, di masyarakat juga perlu sosialisasi yang lebih masif agar dapat menjaga kebun atau hutan,” kata Sobri dari PT. LARAS dalam sesi tanya jawab kegiatan sosialisasi Koordinasi Penanggulangan Bencana di Aula Kecamatan Martapura, Selasa 4 Desember 2018.

Mewakili perusahaan ia menyebut jika pihak perusahaan sudah investasi banyak, ulah oknum yang merambah hutan sangat berbahaya menyambar ke tanaman milik PT, sudah seperti itu malah dituduh pula sebagai penyebab asap. “Kami sudah investasi banyak, CSR kami jalankan, namun masih saja ada kejadian seperti itu,

“Harusnya ditangkap itu masyarakat yang merambah, anggota DPRD juga kalau bisa turun, supaya tahu siapa penyebab kebakaran hutan,” kata dia seraya menambahkan agar OKU TIMUR tidak perlu jadi penyumbang asap ke negara tetangga.

Diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten OKU TIMUR, rapat koordinasi penanggulangan bencana adalah kerjasama instansi terkait mengenai penanganan bencana. Sebab tidak bisa mengandalkan penanggulangan bencana longsor, banjir dan puting beliung. Kegiatan dihadiri oleh Camat Martapura, Kepala Badan Daerah Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Asisten 1 dan Kapolsek Martapura.(triangga)