Prospek Ekonomi Ternak Burung Perkutut Bangkok

Tidak ada komentar 146 views

OKU TIMUR- Berawal dari hobi dengan burung membuat Ngabirin warga Desa Bedilan BK 11 Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur berternak burung Perkutut. Namun jangan salah, ternak burung Perkutut yang dilakukan oleh Ngabirin ini bukan burung Perkutut sembarangan, tapi burung Perkutut yang bibitnya berasal dari negara Thailand.

Menurut Ngabirin, jenis burung Perkutut yang dia kembangkan ini merupakan burung Perkutut yang sering dilombakan. Karena itulah harga jualnya cukup fantastis.

“Biasanya kami menjual burung Perkutut ini paling murah Rp 2 juta dan paling tinggi Rp 45 juta. Tergantung kualitas dari burung Perkutut tersebut,” saat dibincangi wartawan 29 Mei 2020.

Ditambahkan Ngabirin, dirinya satu-satunya yang berternak burung Perkutut dari Thailand di wilayah Belitang. Bahkan mungkin di Kabupaten OKU Timur.

“Kalau Belitang hanya kita yang ternak burung Perkutut dari Thailand ini,” katanya seraya mengatakan bahwa saat ini burung Perkutut ternahnya sudah berkumlah hampir 100 ekor.

Ditanya dari mana saja orang yang beli Perkututnya, Ngabiring mengatakan, selama 2 tahun ternah Perkutut baru 2 orang pembeli yang berasal dari Belitang. Selebihnya dari luar kota.

“Mulai dari Palembang, Jambi, Pekanbaru, Lampung, Jakarta hingga wilayah Jawa. Paling banyak pembeli merupakan anggota komunitas Perkutut di Indonesia,” terangnya.(Firman)