Pulihkan Potensi Kerugian Daerah, Kejari Terima Penghargaan Bupati OKU TIMUR

Pemerintah OKU Timur melalui Bupati Lanosin sampaikan penghargaan kepada Kejaksaan Negeri atas kinerja dalam pembangunan kabupaten ini

 

OKU TIMUR – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur mberikan penghargaan kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) OKU Timur atas peran dalam pengambilan atau memulihkan potensi kerugian daerah terhadap rekomendasi BPK RI tahun 2012 sampai 2018.

Penghargaan diberikan Bupati OKU Timur Lanosin kepada Kepala Kejaksaan Negeri OKU Timur Akmal Kodrat, di ruang Bina Praja 1, Kantor Bupati, Senin 12 April 2021.

Adapun jumlah potensi kerugian keuangan daerah yang mampu dikembalikan senilai Rp3 Miliar lebih. Potensi kerugian daerah tersebut akibat dari kelebihan pembayaran dari sejumlah kegiatan di lingkungan Pemkab OKU Timur.

Dalam sambutannya Bupati OKU Timur mengungkapkan sudah sepatutnya  penghargaan diberikan kepada Kepala Kejaksaan Negeri OKU Timur dan jajarannya. Kinerja Kejari OKU Timur telah membantu mengembalikan potensi kerugian keuangan daerah.

“Harapan kami kepada Kejaksaan Negeri OKU Timur agar terus memberikan bimbingan dan masukan terhadap penyelenggaraan Pemerintahan Daerah OKU Timur, sehingga jika ada potensi kerugian negara dapat di kembalikan ke kas daerah,” ujar Bupati.

“Saya Instruksikan kepada Inspektorat agar terus memantau dan terlibat langsung dalam setiap pengerjaan kegiatan di OPD dan Desa. Sehingga dapat memastikan waktu penyelesaian, dan potensi kerugian daerah berkurang,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri OKU Timur Akmal Kodrat mengatakan, kinerja Kejari OKU Timur sejalan dengan semangat reformasi Kejaksaan Agung dengan semboyan terus bergerak dan berkarya. Membantu Pemerintah Daerah mengatasi adanya potensi kerugian daerah melalui fungsi-fungsi yang ada di Kejaksaan.

“Saya mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Inspektorat yang telah meminta bantuan kepada Kejari OKU Timur untuk menindaklanjuti rekomendasi BPK. Harapannya, ke depan OPD yang lain untuk mengikuti langkah Inspektorat. Jangan menunggu kami dengan terpaksa melakukan upaya-upaya penegakan hukum, segera limpahkan kepada kami ajukan permohonan membantu memulihkan potensi kerugian negara, baik melalui rekomendasi BPK maupun sebelum itu,” kata Kajari.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang telah memberikan penghargaan terkait upaya mereka yang turut membantu memulihkan keuangan daerah OKU Timur periode 2012-218.

“Semoga kami terus lebih memberikan kontribusi dalam turut mewujudkan Visi-misi pak Bupati untuk OKU Timur Maju Lebih Mulia,” tambahnya.

Hadir dalam penyerahan penghargaan ini, Dandim 0403 OKU Letkol ( ARH) Tan Kurniawan, Kepala Inspektorat OKU Timur, Wakapolres OKU Timur, Staf Khusus Bupati dan para kepala OPD. (Triangga)