Puskesmas Buay Madang Timur Sosialisasi Vaksin Covid-19

OKU TIMUR – UPTD Puskesmas Rawa Bening Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten OKU Timur bersama Lintas Sektor mengadakan acara bertema Advokasi dan Sosialisasi Pelaksanaan COVID-19 pada Selasa 9 Maret 2021.

Menurut Yustina Sudarti selaku kepala Puskesmas Rawa Bening mengatakan di kecamatan Buay Madang Timur sendiri sudah ada 36 warga yang terkena COVID-19 karena itulah kita harus melakukan vaksinasi agar Kita mempunyai kekebalan terhadap virus covid-19 dan Kita sendiri sudah melakukan 94,6% Vaksinasi terhadap petugas nakes, kenapa belum 100% karena masih adanya petugas tenaga kesehatan yang hamil, dan penyakit bawaan,” terangnya.

Vaksinasi sendiri ada 4 tahapan yaitu tahapan : 1. Pendaftaran, 2 . Screaning oleh Dokter, 3. Penyuntikan dan 4. Observasi ada efek samping atau tidak. Dan nanti apabila sudah di Vaksinasi akan adanya sertifikat sudah di vaksin dari kementerian,jika kita sudah di suntik vaksinasi maka kita tidak perlu lagi membikin keterangan apapun dari dinas terkait, terang Sudarti.

Selaku Kepala Puskesmas Rawa Bening, Sudarti menambahkan bahwa Vaksinasi adalah hukumnya wajib. Untuk tahap kedua ada kurang lebih 2500 pelayan publik yang akan divaksinasi. Apabila ada warga yang tidak mau di vaksin maka harus membuat surat pernyataan dan memberikan keterangan dan apabila ada warga yang masih ada yang tidak mau di Vaksinasi maka akan dikenakan sanksi

Camat Buay Madang Timur yang diwakili oleh Sekretaris Camat Hairil Ramli SE MM menambahkan masyarakat Buay Madang Timur tidak perlu takut untuk disuntik vaksinasi karena secara agama sudah diakui halal oleh MUI. Guna dari vaksinasi sendiri adalah meningkatkan kekebalan terhadap virus Corona yang telah mewabah di Indonesia, tegasnya.

Turut hadir dalam acara Advokasi dan Sosialisasi selain Kepala Puskesmas Yustina Sudarti dan Sekcam Kecamatan Buay Madang Timur Hairil Ramli adalah Iptu kita Suryanto mewakili Polsek Buay Madang Timur, Danramil Buay Madang yang di Wakili oleh Serda Sudayat, Kepala KUA Buay Madang Timur Edi Siswanto,Pendamping Desa dan beberapa Kepala Desa yang ada di Lintas Sektor Buay Madang Timur.(Kiwan).