Ratusan Orang Tuntut Tanah Mereka

1233 views

OKU TIMUR – Senin siang 26 Maret, ratusan orang dari Desa Rasuan Darat dan Margo Tani, Kecamatan Madang Suku 1, Kabupaten OKU Timur, memadati halaman pekantoran pemerintahan (pemkab) OKU Timur. Datang dengan diangkut sekitar 6 mobil truk, massa menyampaikan tuntutannya kepada pemerintah.

 

Poin paling inti dari 14 tuntutan massa aksi adalah mengenai kasus tanah di desa mereka. Massa mengaku jika sejumlah tanah warga dikangkangi oleh mantan Kepala Desa berinisal MD. MD dituding melakukan penyalahgunaan kekuasaan dengan mengubah sertifikat tanah menjadi milik pribadinya.

 

“Kami kesini meminta kepada pemerintah khususnya kepada bapak bupati untuk bertindak tegas menuntut tanah milik desa kami yang sudah disertifikatkan atas nama pribadi oleh Kades lama berinisial MD” jelas warga yang berorasi bergantian.

 

Massa aksi yang datang lengkap dengan atribut spanduk serta ikat kepala ini sontak menjadi perhatian publik. Sejumlah pejabat tampak hadir menyimak demonstrasi yang diikuti oleh sekitar 750 orang tersebut. Meski begitu suasana tampak berjalan tertib dan rapi.

 

Setelah sempat berorasi, massa akhirnya diterima oleh Bupati OKU Timur dan melakukan dialog di ruang Bina Praja 1.

 

“Karena kita ada surat keterangan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Palembang dengan nomor 595 /982/nakertrans/2018 yang menegaskan kalau tanah tersebut untuk fasilitas umum dan kepentingan bersama, bukan untuk dimiliki secara pribadi,” tambah perwakilan massa aksi saat berdialog dengan Bupati OKU Timur.

 

Di samping itu HM Kholid Mawardi mengatakan, “Saya akan memberikan fasilitas untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di Desa Rasuan Darat dan Margo Tani dan saya berharap kepada masyarakat untuk bersabar karna permasalahan hukum dapat dibatalkan oleh hukum,” ujarnya.(rizal arisandi)