Satu Tenaga Kesehatan di OKU Timur Positif Covid-19

Tidak ada komentar 1382 views
Satu Tenaga Kesehatan di Kabupaten OKU TIMUR diketahui terpapar virus corona. update 25 Mei 2020

OKU TIMUR – Satu orang tenaga medis di Kecamatan Belitang Madang Raya, OKU Timur diketahui menjadi pasien terkonfirmasi covid-19. Perempuan berinisial SM berusia 45 tahun ini sehari-hari bekerja sebagai bidan dan sempat melakukan pertolongan pertama pada mendiang IJ yang merupakan pasien-01 covid-19 di kabupaten ini.

“Bidan ini yang melakukan pertolongan pertama kepada almarhum IJ saat pingsan di pinggir jalan BK 12.” terang Jubir Gugus Tugas Covid-19 OKU Timur, M Ya’kub pada wartawan, Senin Malam 25 Mei 2020.

Setelah melakukan karantina mandiri pasca kematian mendiang IJ pada 30 April silam, pada 25 Mei siang tadi hasil swab dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang menyatakan jika bidan yang bekerja di Puskesmas Bangsa Negara, Belitang Madang Raya ini positif terjangkit.

“Meskipun OTG (orang tanpa gejala-red) malam ini yang bersangkutan (SM-red) akan dijemput untuk mengikuti prosedur karantina di rumah sakit. Besok pagi akan dilakukan pengambilan swab terhadap suami dan anak yang bersangkutan dan juga akan dilakukan pengembangan tracking contact.” terang M Ya’kub lagi.

Kemudian masih terjadi di Kabupaten OKU Timur, seorang warga Kecamatan Semendawai Timur diketahui juga terjangkit virus corona. M Ya’kub menjelaskan, menurut kepala Puskesmas Burnay Mulya, ada warga yang terkonfirmasi covid-19. Tetapi terlapor di kabupaten OKI.

Diketahui jika pria berinisial MOS, berusia 48 tahun ini bekerja di Kabupaten OKI. “Meski begitu, tindak lanjut kasus akan di backup karena terlapor merupakan warga kabupaten OKU Timur. Hari ini telah dilakukan tracking dan terdata sebanyak 30 orang yang pernah kontak dengan Tuan MOS termasuk istri dan anaknya. Yang bersangkutan sendiri saat ini sudah diisolasi di Wisma Atlit Jakabaring Palembang.” tambah M’Yakub lagi.

Dengan begini, tercatat ada sebanyak 9 warga Kabupaten OKU Timur yang diketahui terpapar covid-19 dengan rincian 8 orang merupakan rangkaian penyebaran dari kasus pertama mendiang IJ dan satu lagi warga Kecamatan Semendawai Timur yang terpapar namun terlapor dari Kabupaten OKI, karena yang bersangkutan di swab dan bekerja di kabupaten tersebut.(Triangga)