Sejak Zaman Perang Santri Sudah Berjasa Bagi NKRI

Tidak ada komentar 93 views

OKU TIMUR – Santri sejak awal berdirinya Indonesia sudah memberikan sumbangsih. Sejak perjuangan hingga kemerdekaan, banyak sumbangsih yang berasal dari Santri. Demikian dikatakan oleh Bupati OKU Timur Kholid MD usai melepas 315 santri asal OKU Timur yang hendak melanjutkan studi ke Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo, Kediri.

“Sejak zaman perjuangan, ide-ide santri menjadi penggerak semangat dan sumber kekuatan dalam merebut kemerdekaan. Coba dilihat pondasi negara ini pasti ada sumbangsih dari kalangan ulama atau santri.” Kata Kholid MD ketika ditanya peran santri dalam Indonesia.

Makanya, kata dia, sebagai santri, pengabdian terhadap penyebarluasan ilmu harus meluas. Jangan terpaku pada daerah asal. Sebarkan ilmu hingga jauh, “Kalau sudah lulus dan berilmu, jangan buru-buru mudik, cari daerah yang membuat ilmu kalian bermanfaat. Merantaulah.” Lanjut Bupati lagi.

Dengan bekal ilmu dari pondok pesantren, kata Bupati, banyak daerah yang membutuhkan untuk dicerahkan, untuk dibangun. Ia mengambil contoh dirinya yang merantau ke Sumatera karena merasa ilmunya akan berguna di tempat lain. “Jadi ngga melulu harus berkarir di kampung halaman, seperti saya. Saya merasa kemampuan saya lebih berguna di OKU Timur, maka saya memilih mengabdi di sini.” tutupnya.

Sebanyak 315 santri pada Senin 6 Juli diberangkatkan dengan 7 bus dari Masjid Agung Sabilul Mutaqin Martapura dan kesemuanya menuntut ilmu di Pondok Pesantren Lir Boyo, Kediri. Pelepasan ini selain merupakan seremoni juga merupakan upaya mencegah penyebaran Corona. Sebab saat dipersiapkan sebelum berangkat, ke-315 orang itu dipindai suhu tubuh dan dipastikan kelengkapan masker oleh tim medis dari Dinas Kesehatan OKU Timur.(Triangga)