Seminar Keamanan dan Mutu Pangan

Tidak ada komentar 208 views

OKU TIMUR – Sebanyak 110 peserta yang terdiri dari penyuluh pertanian, kepala UPTD Puskeswankandu Dinas Pertenakan, kepala Puskesmas, Bidan desa yang mengikuti seminar keamanan dan mutu pangan tingkatkan pengetahuan masyarakat dalam upaya pencegahan Stunting dan pengelolaan sumber daya manusia di Kabupaten OKU Timur. Kegiatan ini dilaksanakan di aula BPSDMP Peracak. Senin 29 Juli 2019.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD dalam sambutannya mengatakan, pangan yang dikonsumsi oleh masyarakat pada dasarnya sudah melalui mata rantai proses yang meliputi produksi, penyimpanan, pengangkutan, hingga tiba di tangan masyarakat. Maka pangan harus memenuhi persyaratan keamanan pangan agar pangan yang sudah beredar di masyarakat terhindar dari bahaya-bahaya yang ditimbulkan oleh pangan yang merusak kesehatan.

“Setiap orang yang terlibat dalam rantai pangan wajib mengendalikan risiko bahan pada pangan, baik yang berasal dari bahan, peralatan dan sarana produksi sehingga keamanan pangan dapat terjamin untuk produk yang akan diperdagangkan,” katanya.

Sementara itu Plt Dinas ketahanan pangan Junaidi mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat serta para Stakeholder terkait terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup beragam, bergizi, seimbang dan aman.kita sudah memiliki Alat Rapit Test Kit yang sudah miliki sejak tahun 2016 dan sudah ada staf kita yang mengikuti pelatihan untuk mengetahui cara kerja Alat Rapit Test Kit. Ucapnya

“Semoga ditahun ini alat tersebut sudah bisa kita gunakan, untuk diketahui alat tersebut digunakan sebagai alat penguji Formalin Test Kit (untuk menguji makanan yang mengandung formalin) , Boraks Test Kit (untuk menguji kandungan boraks),Rhodamin B Test Kitdan Menthanyl Yellow Test Kit (untuk menguji kandungan zat pewarna), Sinthetic Dye Tes Kit (untuk menguji kandungan zat pengawet) dan Bleacing Chlorine Test Kit (untuk menguji adanya tambahan bahan pemutih)”. Jelasnya.(Rizal Arisandi)