Seni Tari Sebagai Ekstrakurikuler Unggulan

1051 views

swarasumsel OKUT – Seni Tari telah menjadi kegiatan ektrakurikuler unggulan di SMK Negeri 1 Buay Pemuka Bangsa Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) sebab sekolah yang lokasinya terletak di Desa Anyar ini sejak bangku kelas X telah memperkenalkan siswanya dengan berbagai jenis tarian. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Mensissusanto selaku Kepala SMKN 1 Buay Pemuka Bangsa Raja.
“Kegiatan ektrakurikuler disini yang paling menonjol adalah seni tari, disini anak-anak sejak kelas  sebelas terutama siswi kita wajibkan mengikuti ekstrakurikuler ini,” terang Mensissusanto S.Pd MM,  kepada wartawan swarasumsel, Apen Saputra.
Menurutnya, saat pertama kali ekstrakurikuler tari dibuka juga dilatarbelakangi kepedulian untuk menggali kembali dan melestarikan kekayaan budaya lokal terutama jenis tari –tarian. Sebab melalui kegiatan ektrakurikuler seni tari tersebutlah, pihaknya kembali lebih mendekatkan tarian dan membantu pemerintah dalam melestarikan budaya lokal.
”Bahkan kemarin, saat peringatan HUT Kemerdekaan ke 72, anak-anak mementaskan berbagai macam tarian dihadapan Camat dan Masyarakat Buay Pemuka Bangsa Raja di Kantor Kecamatan,” ucapnya.
Ditambahkan oleh Ati Warisa selaku Pembina Ektrakurikuler Seni Tari, hingga kini dirinya telah mengenalkan beberapa tarian yang telah dikuasai oleh siswa dan siswi SMKN 1 Buay Pemuka Bangsa Raja, diantaranya  Tari Tanggai, Tari Gending Sriwijaya, Tari Nirmala, Tari Sebiduk Sehaluan, Tari Kipas, Tari Pagar Pengantin.

“Alhamdulilah peminat ektrakurikuler ini semakin banyak, untuk kegiatan latihan kita lakukan setiap hari Kamis, mulai pukul 14.00 WIB hingga 16.00 WIB. ,” jelasnya.(apen)