Sensus Penduduk 2020 Untuk Mencatat Indonesia

Tidak ada komentar 150 views

OKU TIMUR – Badan pusat Statistik (BPS) Kabupaten OKU Timur gelar Apel Siaga Sensus Penduduk 2020 (SP 2020). Digelar di halaman Pemkab OKU Timur Senin, 17 Februari 2020, kegiatan ini melibatkan jajaran instansi vertikal, BUMN maupun BUMD. Turut pula hadir perwakilan dari Kantor Kementerian Agaman OKU Timur, Kepala Dinas/Badan se-OKU Timur.

Dalam sambutannya, Kepala BPS Kabupaten OKU Timur Mukti Riadi, SST menyampaikan jika sensus penduduk 2020 adalah yang ke-7 yang diatur dalam UU nomor 17 tahun 1997. “Sensus penduduk 2020 dalam pelaksanaannya menggunakan metode kombinasi, yang merupakan perpaduan antara administrasi kependudukan Indonesia, dengan data hasil pendataan lapangan oleh BPS.

Perlu dicatat jika pada 15 Februari 2020 adalah tanda dimulainya sensus penduduk 2020 secara online. Kemudian akan dilakukan sensus penduduk dengan metode wawancara yang akan dilaksanakan pada 1 hingga 31 Juli 2020 mendatang.

Kemudian lanjut Mukti Riadi, sensus bertujuan untuk menyediakan jumlah komposisi dan karakteristik penduduk menuju terwujudnya satu data kependudukan Indonesia yang kualitatif. “Sehingga diharapkan partisipasi aktif dari segenap masyarakat luas agar dapat terlaksana dengan baik dan bermutu.” kata dia.

Terpisah, Bupati OKU Timur H Kholid MD menjelaskan pentingnya pelaksanaan sensus ini. Ia menjelaskan bahwa pertumbuhan penduduk yang dramatis memerlukan pemutakhiran data sehingga dapat menjadi data yang valid demi kepentingan bersama dan menjadi acuan bagi pemerintah. Sejak 1970 jumlah penduduk kita sebanyak 135 juta jiwa. Kemudian diperkirakan penduduk Indonesia di 2020 ada sebanyak 270 juta jiwa. Dalam tempo 50 tahun terjadi ledakan penduduk yang signifikan, maka diperlukan data yang dapat menjawab persoalan bangsa.

“Menjelang kemerdekaan Indonesia emas 2045 yang akan datang, masa 100 tahun Indonesia merdeka, Untuk kemerdekaan Indonesia emas yang akan kita capai, maka rumusannya adalah berdasarkan, sensus penduduk yang dilaksanakan pada tahun ini merupakan hasil sensus penduduk pada tahun ini akan digunakan untuk kemajuan kita di masa mendatang.’’ pungkasnya,(Triangga)