SIDATUK : Aplikasi Untuk Melapor Bagi Warga Miskin 

465 views

OKU TIMUR – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU TIMUR) luncurkan aplikasi pengaduan bagi keluarga miskin. Dalam aplikasi ini masyarakat dapat mengadukan situasi jika belum mendapat bantuan dari Kemensos. Namanya SIDATUK (Sistem Informasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).


Baca juga : 700 KELUARGA TERIMA BANTUAN PKH 

“Ini untuk memfasilitasi masyarakat yang belum terdata untuk menerima bantuan,” kata Sudarman SAG MM Kabid Pemberdayaan Sosial mewakili Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU TIMUR) Juwariyah SE MM.

Caranya? Sudarman menjelaskan bahwa Dinas Sosial sudah memiliki fasilitator dan petugas kelurahan yang bertugas sebagai operator untuk menampung keluhan masyarakat. Di mereka data yang diinput akan masuk dalam server Kementerian Sosial. 


“Untuk tindak lanjutnya menunggu persetujuan dari pusat. Yang pasti ada beberapa tahapan misalnya tahapan verifikasi. Perlu dikroscek juga laporan dari yang bersangkutan, kondisi ekonomi. Itu kalau data sudah ditanggapi di kementerian akan diverifikasi,” tutupnya.


Sosialisasi SIDATUK dilaksanakan di Aula Kecamatan Martapura, Selasa 3 Juli pagi. Dihadiri oleh ratusan orang masyarakat.(triangga)