Sosialisasi Upgrade ASPAK DINKES OKU TIMUR

410 views


​OKU TIMUR –  Dinas kesehatan melakukan sosialisasi sarana prasarana dan alat kesehatan  secara digital dan online guna meminimalisir tidak ketersediaan alat di puskesmas, diikuti oleh seluruh kepala puskesmas se OKU Timur dan wakilnya di Aula Hotel Dewi II, Selasa 5 Maret. 


Kepala Dinas Kesehatan Zainal Abidin Melalui Wastiti Handayani, Kasubag Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan Kabupaten OKU Timur mengatakan Puskesmas sebagai ujung tombak pelaksanaan pendekatan keluarga, untu itu diperlukan data yang valid terkait pelaporan tentang Sarana dan Prasarana Alat Kesehatan yang ada di setiap Puskesmas dan diinput melalui Aplikasi Sarana dan Prasarana Alat Kesehatan (ASPAK).


 “Dalam upaya pemenuhan ketersediaan alat kesehatan di puskesmas perlu memperhatikan penyusunan rencana kebutuhan (perencanaan) dengan memperhatikan kebutuhan pelayanan yang ada dengan memperhatikan kondisi sumber daya yang tersedia serta pemeliharaan secara berkala baik kalibrasi maupun pemeliharaan,” tegasnya.


Tujuan dari kegiatan ini agar ada keterkaitan data real di lapangan barang bukti apa yang hilang dan rusak sehingga kita bisa mengajukan pengusulan kepada pemerintah pusat.


Pertemuan ini diharapkan dapat menjadi forum komunikasi, forum sharing dan berbagi informsi, serta mencari solusi atas berbagai permasalahan yang ada, antara pusat dan daerah ataupun antar daerah dalam upaya peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan guna mewujudkan OKU Timur Sehat, dengan pendekatan keluarga. (Triangga)