STIPER Belitang Gelar Pelatihan Budidaya Jamur Tiram

OKU TIMUR – Dalam rangka menciptakan ketahanan pangan keluarga di era pandemik covid-19, Sekolah tinggi Ilmu pertanian (STIPER) Belitang mengadakan Sosialisasi Pelatihan Budidaya Jamur Tiram. Kegiatan yang digelar pada Minggu 23 Agustus di Balai Desa Suka Negara, Belitang 3, OKU Timur ini diikuti dari beragam kalangan.

Bertindak sebagai tutor yakni Sumarlin seorang mahasiswa STIPER Belitang yang pernah mengikuti magang di Jepang dan saat ini sukses mengembangkan usaha jamur tiram secara mandiri. 30 peserta yang terdiri dari mahasiswa peserta KKN STIPER Belitan angkatan ke-18 dan perwakilan 11 kelompok tani nampak serius mengikuti penjelasan dari tutor.

Pemaparan mengenai budidaya jamur tiram ini antara lain menyinggung mengenai pembuatan media tanam baglog, pengemasan dan sterilisasi media tanam, perbanyakan bibit, pemeliharaan media tanam dan panen.

Dalam kegiatan itu Kepala Desa Suka Negara, Edi Asmara berharap agar penerapan ilmu yang didapat hari ini dapat bermanfaat di masa depan bagi para peserta. Sementara itu selaku Dosen Pembimbing dari STIPER Belitang yakni Sudarti SP, Msi mengatakan jika kegiatan seperti ini merupakan bentuk pengabdian perguruan tinggi kepada masyarakat.

“Sehingga ilmu yang dipelajari di STIPER Belitang pimpinan Dr Ir Hariyono MSi dapat diterapkan oleh mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, mahasiswa juga dapat menyerap ilmu dari alam maupun siapa saja asal bermanfaat. Secara spesifik pelatihan budidaya jamur tiram dan pengaplikasian pupuk organik bio majas merupakan upaya untk memanfaatkan limbah pertanian dan limbah rumah tangga untk dijadikan media tanam jamur dan bahan pembuatan pupuk organik.” kata dia.

Hadir pula dalam kegiatan itu antara lain Iman Sulaiman selaku penyuluh pertanian Desa Sukanegara Belitang 3 dan Ketua Panitia kegiatan H Munsiarum.(RILIS PANITIA)