Terjadi Gempa Dalam Laut Bengkulu

691 views

[swarasumsel] Gempa dengan kekuatan 5,3 skala Richter terjadi di Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, Kamis 7 Desember sekitar pukul 10 malam. Masyarakat dihimbau untuk mewaspadai terjadinya gempa susulan.

 

Informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menyebut jika pusat gempa berada di 5.24 Lintang Selatan dan 102.84 Bujur Timur, di laut 92 kilometer Barat Daya Kabupaten Kaur. Getarannya dirasakan oleh penduduk mulai dari sekitar Kabupaten Kepahiang, Bengkulu hingga Kabupaten Liwa, Provinsi Lampung.

 

Gempa ini tercatat merupakan yang kedua kalinya terjadi di Bumi Rafflesia pada awal Desember ini. Sehari sebelumnya, Rabu 6 Desember pukul 3 dini hari, Gempa dengan kekuatan 5,1 SR mengguncang Kabupaten Lebong. Getaran Gempa level sedang terasa dari Kabupaten Lebong, Kota Bengkulu hingga Kota Lubuk Linggau, Sumsel.

 

Sejauh ini BMKG menyatakan jika gempa pada Kamis malam tidak berpotensi menyebabkan Tsunami. Namun masyarakat dihimbau untuk tetap waspada guna mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi gempa susulan.

 

Sementara itu di hari yang sama sekitar pukul sebelas malam, gempa berkekuatan 3.2 SR terjadi di wilayah Padang Sidempuan, Sumatera Utara. Sejak awal September hingga awal Desember ini, setidaknya sudah tercatat 59 kali gempa terjadi di sejumlah wilayah Indonesia dengan kekuatan rata-rata 5.1 sampai 6.2 skala richter. Di Pulau Sumatera sendiri telah terjadi sebanyak 10 kali gempa dalam tiga bulan belakang.(triangga)