Terkait Banjir Belitang Mulya, Bupati : Turunkan Alat Berat

Postingan FB akun Khoirul Ikhwan Alfajrin

OKU TIMUR – Akibat tersumbatnya pintu air Blombong di BK 17 mengakibatkan banjir di beberapa desa di Kecamatan Belitang Mulya. Kerugian utamanya dialami petani, puluhan hektar tanaman padi terendam air, dan terancam gagal panen.

Bupati Kholid Mawardi memerintahkan kepada dinas terkait untuk segera turun ke desa yang mengalami kebanjiran, agar cepat menangani bencana banjir tersebut. Ini diungkapkannya dalam kegiatan sosialisasi di Bina Praja 2, Setda OKU Timur.

“Mana perwakilan PU (Pekerjaan Umum) coba itu banjir katanya karena ada pohon besar menyumbat pintu air, turunkan alat berat di sekitar lokasi. BPBD juga turun ke lokasi.” Katanya memerintahkan bawahan.

Bupati sempat merasa heran kenapa wilayah Desa Purwodadi bisa mengalami kebanjiran. Ternyata, kata Kholid MD, ada tumpukan kayu dan sampah yang menyumbat jalannya air. “Makanya harus cepat itu.” Kata Bupati lagi.

Sementara itu data dari Dinas Pertanian menyebutkan kejadian banjir di sebagian wilayah Kecamatan Belitang Mulya disebabkan oleh hujan lebat. Tumpukan sampah di pintu air membuat sawah di tiga desa terendam. Antara lain Petanggan seluas 15 hektar, Purwodadi 20 hektar dan 40 hektar dengan rata-rata usia tanaman padi dari 9 – 25 hari.

Postingan FB akun Junot Ashter

Di lini masa facebook grup Info OKU Timur juga dibanjiri postingan banjir. Seperti yang di-posting oleh akun Khoirul Ikhwan Alfajrin luapan air juga melanda rumah warga di sekitar Desa Purwodadi. Demikian juga dengan unggahan akun Junot Ashter yang menggambarkan kondisi persawahan di Kecamatan Belitang Mulya yang terendam air.(Triangga)