Terkait Hama Wereng, Kadin Pertanian OKU TIMUR : Itu Serangan Ringan

394 views

OKU TIMUR – Terkait serangan hama wereng di Kabupaten OKU TIMUR, ternyata merupakan kategori serangan hama ringan. Demikian dikatakan oleh H Sujarwanto, Kepala Dinas Pertanian OKU TIMUR, Senin 15 Juli 2019.

Dari seratus persen luas lahan, kata Sujarwanto memberi analogi, hamparan sawah seluas 1000 hektar hanya mencakup 10 persen. “Itu tidak terlalu luas. Jadi masih kategori ringan.” kata dia yang dibincangi usai rapat koordinasi pertanian, perikanan dan peternakan, di Gedung Bina Praja 2, Martapura.

Ia menyebut jika penanganan hama wereng akan dilaksanakan serentak pada keesokan hari. Titik pemberantasan hama sendiri dipusatkan di Kecamatan Semendawai Suku 3. “Kita akan turun besok pagi untuk penanganannya. Tim dari dinas pertanian akan siap mengawal.” Tegas dia.

Sementara itu Bupati OKU TIMUR menghimbau untuk melaksanakan giat Gebuk Weren secara serempak. Sebab kata bupati, hama ini tidak bisa dimusnahkan hanya pertitik. Makanya besok Selasa kata dia sudah harus dilaksanakan serentak.

“Menggunakan obat racikan dari ahli pertanian STIPER Belitang. Kita laksanakan gebuk hama serentak. Yang PPL dari pusat bergerak. Tim dari pemerintah daerah juga bergerak.” Tutup Bupati.

Sementara itu berdasarkan informasi dari Laboratorium Pengendalian Hama dan Penyakit (PHP) – Tanaman Pangan Hortikultura (TPH) Belitang menyebut data jika dari luas pertanaman padi di Kabupaten OKU TIMUR ( April, Mei dan Juni 2019) seluas 47.949 hektar dan tanaman padi yang terserang Wereng Batang Coklat (WBC) dan sudah dikendalikan seluas 715,75 hektar atau sekitar 1,5 % dari luas pertanaman padi yang ada.(Triangga)