Terkait Pasien 01 Covid-19 OKU Timur, Hasil Rapid Test 15 Orang Negatif

OKU TIMUR – Kemunculan kasus 01 Covid-19 di OKU Timur disikapi oleh Tim Gugus Tugas (Gugas) OKU Timur. Perkembangan terkini pada Senin 4 Mei 2020, Setidaknya sebanyak 74 orang yang pernah melakukan kontak terhadap pasien 01 kini dalam pemeriksaan intensif oleh tim medis. Di antaranya 13 KK di sekitar lingkungan korban juga sudah dilaksanakan karantina mandiri.

Rilis informasi dari tim Gugas Covid-19 OKU Timur menyatakan sejumlah langkah penanganan sudah diambil. Antara lain ketiga keluarga korban yakni anak, cucu dan keluarga korban sudah mendapatkan pemeriksaan cepat (Rapid Test) di RSUD OKU Timur, Desa Tulus Ayu pada Minggu malam 3 Mei 2020 dan dinyatakan negatif. Langkah-langkah lain adalah dengan melakukan pemindaian rontgen kepada keempat orang tersebut, kemudian, sudah dilakukan pengiriman sampel swab dari keempatnya ke laboratorium di Palembang untuk diteliti lebih lanjut. “Untuk pengambilan sampel swab kedua akan dilaksanakan Selasa besok.” kata jubir Gugas Covid-19 OKU Timur M Ya’kub.

Tim dari Puskesmas Belitang juga sudah melakukan edukasi pada Senin pagi kepada masyarakat di lingkungan tempat tinggal pasien 01 di Desa Sidogede. Antara lain edukasi mengenai pelaksanaan karantina mandiri dan monitoring kesehatan kepada 13 KK yang berada di Desa Sidogede. Sebanyak 35 orang masyarakat setempat juga sudah dilakukan pemeriksaan cepat. “Alhamdulilah hasil semuanya dinyatakan negatif.” kata anggota Tim Gugas Covid-19 OKU Timur, dr Dedi Damhudi melalui pesan di grup whatsapp.

Rencananya, sebanyak 15 orang yang pernah melakukan kontak pada pasien 01 juga akan mengikuti pemeriksaan cepat pada Selasa pagi besok.

Selain itu, dari penelusuran kontak pasien 01, dilaporkan oleh Puskesmas Purwodadi Belitang 2, terdata Sebanyak 13 orang di Desa Sariguna pernah melakukan kontak dengan korban. Kemudian dari laporan Puskesmas Trimoharjo sebanyak 8 orang warga Desa Jaya Mulia terdata untuk mengikuti rapid test pada hari Rabu mendatang.

Terakhir, di lingkungan pasien 01 sendiri sejak hari Minggu dan Senin sudah dilakukan penyemprotan cairan disinfektan oleh petugas kesehatan dari Puskesmas yang dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Gumawang H. Supriyono, SKM, M.Kes.

Jubir tim Gugas Covid-19 OKU Timur M Ya’kub juga menghimbau kepada masyarakat yang merasa telah melakukan kontak kepada pasien 01 untuk dapat kooperatif dan melaporkan diri ke Puskesmas terdekat. “Kami himbau dengan kesadaran penuh dari masyarakat agar melaporkan jika merasa telah melakukan kontak dengan pasien-01 ataupun dengan keluarga terdekat almarhum. Ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran wabah ini di Bumi OKU Timur.” katanya dalam Konferensi Pers dengan wartawan.(Triangga)