Tiap Hari Ada Mobil ‘Kepater’

603 views

Mobil Terjebak Lumpur di Jalan Poros Desa Harapan Makmur

OKU TIMUR – Jalan poros Kabupaten yang berada di wilayah Desa Persiapan Harapan Makmur, Kecamatan Semendawai Timur, saat kondisi rusak dan berlubang. Akibatnya hampir tiap hari ada mobil yang ‘ Kepater’. Sehingga warga dari berbagai desa kesulitan untuk mengeluarkan hasil bumi.

 

Pemantauan di lapangan jalan poros yang sudah pernah dilakukan pengerasan program PNPM tahun 2012 lalu sudah banyak yang berlubang. Baik lubang besar maupun lubang kecil. Bahkan lubang tersebut kalau habis diguyur hujan selalu digenangi air.

 

“Sudah 4 tahun terahir ini jalan tersebut selalu kami lakukan gotong royong dan ditimbung dengan batu. Namun untuk tahun ini kerusakannya sudah sangat parah sudah tidak mampu untuk dilakukan gotong royong lagi,” kata Sukirtinawati selaku Pjs Kepala Desa Harapan Makmur saat dibincangi wartawan.

 

Menurutnya, jalan poros yang ada di wilayah desanya ini selalu dilewati oleh kendaraan truk yang membawa ketah karet. Baik dari Desa Harapan Makmur sendiri maupun dari desa tetangga. Seperti Desa Burnai Jaya, Desa Burnai Mulya dan Desa Mulya Jaya.

 

“Kendaraan truk tersebut bermuatan 4 sampai 5 ton, sedangkan jalan yang dileweti baru dikasih pengerasan belum dilakukna pengecoran. Jad sehingga wajar kondisinya sekarang rusak parah,” ujarnya.

 

Dirinya berharap kepada Pemerintah OKU Timur malalui dinas PU dan Tata Ruang tahun ini memprioritaskan perbaikan jalan tersebut. Baik itu pengerasan maupun pengecoran sehingga warga di 4 desa tidak kesulitan untuk mengelurkan hasil buminya.

 

“Waktu itu kalau tidak salah tahun 2016 pak wabup Feri Antony pernah melewati jalan ini, saat survey jalan Kecamatan Semendawai Timur. Dan setelah pak Iwan dari dinas PU langsung datang untuk survey jalan. Tapi sampai awal tahun 2018 ini belum ada realisasinya,” jelasnya.(firmansyah)